Teknisoft-Information Technology Community
Rubrik : Internet dan Komputer
Penyebab Blue Screen of Death (BSOD)
Selasa, 13 Maret 12 - by : ihsan
Pernahkah anda mengalami Blue Screen of Death (BSOD) ? BSOD kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah Layar Biru Kematian. Sedangkan pengertiannya adalah notifikasi atau pesan error yang muncul pada sistem operasi Microsoft Windows ketika terjadi suatu kegagalan sistem yang tidak bisa diperbaiki.





Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan BSOD tersebut. Menurut pengalaman serta kumpulan hal-hal yang dapat di peroleh antara lain :

1. Setting mode hardisk di BIOS, meskipun sepele tapi hal ini seringkali menjadi masalah besar sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi masalah ini, kita tinggal mengganti mode hardisk dari AHCI atau SATA (tergantung type bios) menjadi compatible atau IDE (tergantung type bios juga)

2. CD windows yang tidak mendukung pada SATA atau tidak memiliki driver SATA, hal ini dapat diselesaikan dengan cara mengubah atau menambahkan driver SATA pada installer windows kita, salah satunya dengan menjalankan software nlite.

3. RAM / memory yang bermasalah, RAM yang bermasalah seringkali menjadi penyebab blue screen pada proses instalasi windows, cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti RAM agar proses installasi berjalan dengan lancar, atau mengambil salah satu memory yang ada jika permasalahanya adalah crash pada RAM.

4. Hardisk yang bermasalah

5. Power supply yang tidak memberikan supply listrik yang stabil atau drop, Lebih baik kita mengganti power supply agar komponen lain tidak bermasalah.

6. Motherboard yang bermasalah.

7. dan faktor-faktor lainnya...

sumber : http://artikel-it.blogspot.com/2011/12/penyebab-blue-screen-of-death-bsod.html
 
 
Teknisoft-Information Technology Community : http://www.teknisoft.or.id
Versi Online : http://www.teknisoft.or.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=53