Teknisoft | Portal Komunitas Teknologi Informasi dan Pemrograman ©

Teknisoft

Senin, 25 September 2017 | User Login : Anonimous Home | Recommend | Free E-Mail | About | Contact Us

Main Menu
Download
Web Links
Buku Tamu
Rubrik
Kirim Artikel
WebMail
About
Contact Us
Lisensi Artikel
Donasi
Rubrik
Pemrograman
Networking
Security dan Virus
Hacking
Internet dan Komputer
Linux dan Open Source
Windows
Aplikasi Server
Mobile & Gadget
Login

Username
Password

Register
Forgot Password
Partner Site

BengkelProgram
Link Exchange
Online Support




VoIP Online

Instalasi Windows XP Melalui USB Flash Disk

Kamis, 21 Agustus 2008 - oleh : Admin

Salah satu masalah yang timbul akibat ketidaktersediaan optical drive/CD-ROM/CD-RW pada subnotebook/PC adalah kesulitan saat hendak melakukan instalasi aplikasi ataupun sistem operasi. Tak jarang pengguna harus menyalin aplikasi atau sistem operasi yang hendak di-install ke dalam USB flash disk, atau mencolok external optical drive dan melakukan instalasi seperti biasa. Namun, tentu saja hal ini sangat merepotkan, mengingat tak banyak pengguna awam yang mengetahui prosedur instalasi aplikasi atau sistem operasi via flash disk, dan harga sebuah external optical drive yang tidak murah.


USB (tmcnet.com)


Contoh kasus, andaikan kita hendak mengganti sistem operasi Xandros Linux yang terpasang di subnotebook Asus Eee PC dengan Windows XP, maka kita harus menginstal via external optical drive. Mungkin tak terlalu memusingkan bagi Anda yang punya cukup dana untuk membeli sebuah external optical drive, namun bagaimana dengan Anda yang sejak awal ingin berhemat dengan membeli subnotebook?

Nah, lewat artikel ini penulis ingin berbagi tips membuat modul instalasi Windows XP menggunakan media USB flash disk, yang tentunya akan menghemat biaya dan menjadikan pembaca lebih pintar. Modul instalasi ini tak hanya dapat diimplementasikan dalam instalasi ke subnotebook saja, tapi juga dapat diaplikasikan pada komputer mana pun yang sudah memiliki fitur untuk booting via USB.

"Gampang! Tinggal salin file instalasi Windows XP ke flash disk!" Mungkin itu yang terlintas di benak Anda, tapi percayalah bahwa membuat modul instalasi Windows XP tidak semudah itu. Namun jangan khawatir, karena dengan mengikuti langkah-langkah berikut, proses pembuatan modul instalasi Windows XP pun tak terlalu sulit dilakukan.

Yang Harus Disiapkan:

1. Sebuah komputer yang dilengkapi optical drive (CD atau DVD) dan port USB yang dapat bekerja dengan baik.
2. Sebuah USB flash disk berkapasitas 1 atau 2 GB.
3. CD instalasi Windows XP.
4. Aplikasi pembuat modul instalasi (USB_PREP8 dan PEtoUSB) yang dapat diunduh cuma-cuma melalui link http://www.sendspace.com/file/7n781n
5. Do'a dan keberanian!

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Tancapkan USB flash disk ke salah satu port USB. Ingat-ingat posisi drive-nya. Apakah F:, G:, H:, dan sebagainya.

2. Saat Anda berada di posisi normal (desktop), masukkan CD instalasi Windows XP ke optical drive. Jika komputer menjalankan proses instalasi secara otomatis, batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang tengah berjalan.

3. Unduh dan ekstrak aplikasi yang penulis berikan. Saran penulis, ekstrak seluruh isinya ke sebuah folder, semisal C:\USB.

4. Selanjutnya, buka folder di mana Anda mengekstrak aplikasi modul pembuat instalasi, kali ini kita ambil contoh C:\USB.

5. Jalankan file bernama "usb_prep8.bat" maka di layar monitor akan tampak jendela Command Prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan "Press any key to continue," tekan sembarang tombol untuk konfirmasi.

6. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta Anda memformat USB flash disk Anda. Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan Anda.

7. Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika Anda menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5.

8. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana Anda menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan Anda jika Anda telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.

9. Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana Anda mencolok flash disk. Kalau flash disk Anda berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER.  Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.

10. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.

Selesai! Kini flash disk Anda telah siap digunakan untuk instalasi Windows XP! Silahkan melakukan setting pada BIOS subnotebook Anda, dan pilih Removeable Disk (atau apa pun nama lainnya) sebagai media pertama yang dijalankan saat booting.

Mengingat teknik instalasi semacam ini juga tersedia di internet, Anda juga bisa mencarinya via mesin cari. Selamat mencoba...!

Penulis, Eko Ramaditya Adikara (Rama), adalah seorang tuna-netra yang gemar menulis menggunakan komputer. Penulis tergabung dalam Yayasan Mitra Netra (MitraNetra.or.id). Blog pribadinya dapat dibaca di alamat www.ramaditya.com.

Dikutip Dari : detikinet.com 

kirim ke teman | versi cetak

Artikel Windows Lainnya

Memfungsikan File Autoexec.bat
Iseng yang terdapat pada Ms. Word
Bermain dengan Registry
Menambahkan Logo dan Informasi di System Properties Windows XP
Mengubah Sistem File FAT ke NTFS pada Partisi Windows

Komentar Pengunjung

request
Jumat, 14 Nopember 08 - oleh : joni
mas posting registrynya lengkap banget+ada hack system propertiesnya....akan lebih hebat lagi kalau ada postingan proteksi port usb dengan aplikasi/registry.
kronologin ya :
1.ketika flash disk ditancapkan
2.muncul password
3.jika pasword salah maka flasdisk ter inject
4.jika benar passwod yang dimasukan maka proses kembali seperti biasa.

disini saya juga membutuhkannya dan saya belum menemukanya padahal uda hnting.tolong bantuannya ya mas lau bisa kirimin ke email saya ya,makasi


Your Name :
Your Email :
Comment's Title :
Comment :
Security Code : Security Code
Type Code :
Pencarian

cari di
Top Download
Video Tutorial Antena Kaleng 2.4 GHz (12827)
Tutorial Antena Kaleng (format PDF) (9724)
Membuat Mail Server Di Windows 2003 (6864)
PCLinuxOS 0.93a MiniME (ISO) (6791)
Source Code SKPL (6166)
File Instalasi SKPL (5813)
Komponen Inpout32 (5033)
Komponen Try Icon (4499)
Setting Dial-Up Internet di Linux Mandriva One 2007 (4303)
Boot Yahoo (3810)
Statistik
Visitors :564718 Org
Hits : 1146828 hits
Month : 527 Users
Today : 37 Users
Online : 1 Users
Banner Pilihan
E-Mail
wapsite
Dukung Situs Ini
Bank BCA
Bank Mandiri
Network : Teknisoft Network | Teknisoft | Travel & Tourism | Kampus SEO | Bumi Asri | Mikrotik Tutorial | Blogger Garut | Phone Cell Arena | IT Knowledge | Master SEO | Online Terus | Garut Online | Chocodot

Copyright © 2005-2008 Teknisoft All Right Reserved
Syndication Feed RSS2.0